Forza sendiri diambil dari bahasa Italia yang memiliki makna Kekuatan atau ingin menjadi kuat. Sehinnga sektor tenaga mesin sangat diperhatikan yaitu pada akselerasi awalnya.
Namun sepertinya para penggemar motor Honda harus bersiap menahan diri lebih lama lagi, karena pihak Honda belum akan menghadirkan Honda Forza 150 ini di Indonesia, karena mereka akan segera meluncurkan Honda PCX 150 rakitan lokal yang harganya berkisar sekitar 30 jutaan. Tentunya harga lebih murah dari versi cbu Vietnam yang dijual sekitar 40 jutaan.
Tentunya sedikit kecewa nih mas bro, karena Honda Forza ini desainnya seperti nya lebih menarik dari pada Honda PCX. Biar gak sedih, yuk diintip aja dulu spesifikasi Honda Forza 125 (versi Eropa) yang disana Eropa sudah dijual 4.099 Euro atau setara dengan 62 Jutaan, namun jika hadir di Indonesia, rencananya akan digandengkan dengan mesin 150 cc.
Inilah Spesifikasi Honda Forza 125 (versi Eropa)
Mesin
Bore × Stroke (mm) : 52.4 x 57.9
Carburation : PGM-FI electronic fuel injection
Compression Ratio : 11:5:1
Engine Displacement (cm³) : 124.9
Engine Type : Liquid-cooled 4-stroke 4-Valve SOHC single
Max. Power Output : 10.5kW @ 8,750rpm
Max. Torque : 12Nm @ 8,250rpm
Starter : Electric
Clutch : Dry, internal expanding, deadweight
Final Drive : V-belt
Gearbox : CVT
Dimensi
Battery Capacity (VAh) : 12V-7Ah
Caster Angle : 26.5°
Dimensions (L×W×H) (mm) : 2,134 x 748 x 1,452
Fuel Capacity (Litres) : 11.5 litres
Fuel Consumption : 123 mpg (WMTC)
Ground Clearance (mm) : 148
Headlights : Transverse, LED 3-light
Kerb Weight (kg) : 162
Seat Height (mm) : 780
Trail (mm) : 89
Wheelbase (mm) : 1490
Rangka
Frame type : Tubular steel underbone
Brakes Front : ABS (2-channel) 256mm disc
Brakes Rear : ABS (2-channel) 240mm disc
Suspension Front : Telescopic
Suspension Rear : Twin
Tyre Size Front : 120/70-15
Tyre Size Rear : 140/70-14
Wheels Front : Aluminium casting
Wheels Rear : Aluminium casting
Dengan mesin 125 CC saja, motor bongsor keluaran Honda ini bisa menghasilkan 10.5 kW @ putaran mesin 8.750 rpm dan torsi 12 Nm @ 8.250 rpm, apalagi yang versi 150 cc dengan top spedd yang pernah diuji yaitu mencapai 120 km/h.
Desain ala Eropanya memang bisa membuat orang langsung tertarik, lihat saja desain speedometer yang sangat lengkap dan informatif. Bahkan bagian suspensinya pun bisa diadjustable sesuai dengan keinginan pengendara serta dengan kapasitas tangki yang termasuk besar dikelasnya yaitu 11,5 liter.
Berikut fitur yang ada pada Honda Forza
- Powerful LED headlamp
- Two full-face helmet storage
- 12V charging socket
- Plastic Bottle holder in front compartment
- 14 and 15-inch wheels
- Tachometer in the instrument cluster (Rev-meter)
Semoga Honda Forza 150 bisa segera hadir di Indonesia, meskipun PCX 150 lokal juga segera akan hadir. Saat ini Honda masih mempertimbangkan untuk menjegal langkah NMax dengan menghadirkan antara PCX Lokal atau Forza 150. Dan akhirnya PCX lah yang dipilih oleh Honda, sedangkan Forza 150 ini masih belum diluncurkan, malahan yang hadir adalah Forza 250 yang bertarung dengan Yamaha Xmax.
Namun menurut info yang beredar, jika Honda Forza 150 ini launching di Indonesia harganya tentu akan lebih murah yaitu sekitar dibawah 25 Juta rupiah, tentunya bakalan laris manis jika bener dijual dengan harga segitu dan bisa bersaing juga dengan Yamaha Lexi 125 yang juga dibanderol dengan harga 22 jutaan.
Sedangkan jika dibandingkan dengan harga NMAX, berarti bisa saingan juga nih, jika dilihat saat ini NMAX hadir dengan tipe ABS 27 jutaan dan non ABS 24 jutaan. Meskipun jika hadir sepertinya yang non ABS atau tipe terendah yang dibaderol dengan harga dibawah 25 jutaan.
Sekilas review Honda Forza yang diambil dari berbagai sumber:
- Pada saat gas dibuka versi mesin 125 cc dan berat motor yang hanya 162 kg, tenaganya langsung berasa, dengan cepat melesat sehinnga untuk jarak 0-200 m dibutuhkan waktu 13,4 detik. Dari sisi mesin juga mulus dan minim getaran.
- Teknologi Idle Stop, sangat membantu dalam menghemat bahan bakar, konsumsi bahan bakar saat diuji sejauh 498 km bisa menghabiskan 11 liter atau lebih kurang 45km/liter, lumayan hemat untuk ukuran skutik ini.
- Dari sisi kenyamanan, shockbreaker depan model garpu teleskopik 33mm mampu meredam guncangan dengan baik pada saat melewati jalanan rusak atau bergelombang sehingga perjalanan jadi nyaman.
- Rem depan berfungsi dengan baik dan mampu menahan bobot motor + pengendara, sedangkan rem belakang sedikit pakem terkesan terlalu cepat mengunci.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar