Breaking

Kamis, 19 April 2018

Inilah Harga dan Spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2018


Suzuki sepertinya sudah siap bertarung kembali di kelas low MPV dengan menghadirkan All New Suzuki Ertiga terbaru yang diluncurkan pada 19 April 2018 di IIMS 2018.

Tak mau kalah dengan pesaingnya seperti Xpander dan Mobilio, New Ertiga ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat memanjakan konsumennya. Selain itu gubahan pada semua bodinya juga terlihat menjanjikan. Dan yang tak kalah mengejutkan, adalah mesinnya yang mengalami peningkatan dari 1.4 liter menjadi 1.5 liter. Simak juga disini, Perbandingan Ertiga 2018 dan Xpander.
suzuki-ertiga-2018

Bagian depannya terlihat dengan grill baru diapit dengan headlamp projector yang lebih menyipit. Serta model foglamp yang mirip dengan taring bemper aventador. Bagian kap mesin juga diberi tarikan tegas yang membuat kesan kokoh. Bisa dibilang mirip dengan Innova Reborn, apalagi dengan dimensi panjang 4.395 milimeter, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Untuk wheelbase 2.740 mm, radius putarnya 5,2 meter serta ground clearance 180 mm. Sedangkan versi lama memiliki dimensi panjang 4.265mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.685mm.

Spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2018

Bagian sampingnya terlihat garis tarikan yang mirip dengan xpander, dan belakangnya juga terdapat perubahan terutama pada lampu belakang yang sudah LED dan bahkan juga mirip dengan desain lampu belakang Xpander.

Spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2018

Masuk ke bagian interiornya, masih didominasi dengan warna beige andalan Ertiga. Terlihat Head unit touch screen pada varian tertinggi. Selain itu panel MID model baru serta terlihat fitur Push start stop button dan stability control. Bagian lingkar kemudi berbalut kulit juga dilengkapi dengan fitur tilt steering. Fitur lainnya adalah dual airbags, jok ISOFIX, ABS dan EBD.

 Spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2018

Bagian dapur pacunya dengan mesin baru berkode kode K15B bisa menghasilkan tenaga 104,7 HP pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm dengan transmisi manual dan otomatis yang disalurkan ke roda depan. Tenaga ini lebih besar jika dibandingkan dengan model lama yaitu 92 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk rem depan masih menganut model cakram serta tromol pada bagian belakanngnya. Velg berukuran 15 inci dibalut dengan ban Dunlop Enasave 185/65 bermodelkan jari-jari, sekilas terlihat mirip dengan velg BBS namun terkesan biasa.

Kelebihan atau fitur All new Ertiga 2018 
  • Menggunakan platform baru HEARTECT dan lebih panjang 130 mm dan diklaim memberikan tingkat kekakuan lebih baik di bagian tubuh bawah dan bodi juga lebih ringan 6 kg.
  • Kapasitas bagasi lebih besar, bisa mencapai 803 liter.
  • Suspensi depan MacPherson Strut coil spring dan suspensi belakang torsion beam plus coil spring berbahan tensile steel yang membuatnya lebih ringan.
  • Fitur keselamatan dan keamanan ada ESP (Electronic Stability Programme), Anti-lock Braking System, Electronic Brake-Force Distribution, Hill Hold Control, Immobilizer, serta dua airbag depan, sensor parkir mundur.Rem depan menganut cakram dan rem belakang tromol.
  • Mesin baru K15B lebih bertenaga torsi lebih besar, secara dimensi mesin baru lebih kecil dan membuat peluang untuk kabin menjadi lebih besar. Tingkat kebisingan dan getaran juga lebih minim.
  • Jok sudah dilengkapi dengan ISOFIX
  • Fitur Push start stop button untuk menyalakan dan mematikan mesin.
  • Kursi baris kedua bisa digeser sejauh 240 mm untuk memudahkan penumpang masuk ke baris ketiga. 
  • Kursi baris ketiga bisa disandarkan hingga 16 derajat dan dilipat untuk membuat ruang bagasi yang hampir rata dengan model pelipatan 50:50.
  • Pengontrolan audio pada setir serta ada tombol penerima panggilan telepon yang diletakkan di sisi bawah kolom kemudi. 
  • Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar Ertiga 2018 ini 18,09 Km/L untuk transmisi manual dan 16, 73 Km/L untuk transmisi otomatis
  • Setir juga dilengkapi dengan fitur tilt steering,
  • Jok pengemudi juga sudah dilengkapi dengan pengaturan tinggi rendah.
  • Ruang kaki pada baris ketiga bisa untuk orang dewasa, namun untuk ruang kepala, mentok untuk tinggi 170 cm.
  • Cup Holder berventilasi AC di bagian tengah.
Kekurangan Ertiga 2018 dari versi lawasnya
  • Panel AC masih berupa tombol dan pengaturannya arah AC hanya ada untuk kaki dan wajah, padahal versi lawas sangat lengkap untuk pengaturannya arah ACnya
  • Arm rest dibaris kedua sudah tidak ada lagi.
  • Model velg tergolong biasa dan kurang menarik.
  • Seat belt height adjuster tidak ada lagi
  • Retractable hand grip untuk penumpang depan dan penumpang tengah serta hand grip di baris ketiga juga dihilangkan
  • Fog lamp tidak ada lagi pada versi GL, sebelumnya ada.
Review dan first impresion saat test Drive diambil dari detikoto saat tes transmisi otomatis:
  •  Kebisingan mobil dan getaran jadi lebih berkurang meskipun kapasitas mesin lebih besar.
  •  Setir lebih enteng dari versi lawas
  • Perpindahan gigi otomatis lebih halus
  • Nafas mesin mobil lebih panjang
  • Handlingnya oke
  • Karakter suspensi lebih lembut
  • Gejala bodi roll minim
  • BBm lebih irit dengan tenaga lebih besar
Sedangkan saat mencoba versi manual,
  • Uji coba mobil saat tanjakan, pedal gas tidak diinjak dengan gigi 1 bisa melewati tanjakan beberapa meter meski mesin bergetar dengna kondisi penuh 7 penumpang.
  • Kopling transmisi manual juga enteng  
Konsumsi BBM All New Ertiga 2018

Dari hasil pengujian liga irit yang diadakan oleh Suzuki dengan mengundang beberapa media, All New Ertiga 2018 ini bisa mencatat angka 23,15 kilometer per liter dengan transmisi otomatis berjarak 85,7 kilometer. Sementara untuk manual mencapai mencatakan 20,85 kilometer per liter setelah menempuh rute 101,9 kilometer. Pengujian dari liga irit ini memakai metode full to full (FTF) sehingga hasilnya lebih akurat dari pada versi MID.  

Sedangkan Suzuki mengklaim dan mengetes bersama basis pengetesan oleh Balai Pusat Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BPT2MP) mencatatkan angka 18,09 kilometer per liter untuk manual dan 16,73 kilometer per liter untuk transmisi otomatisnya.

Untuk harga termahal Suzuki Ertiga Rp 238,5 juta. Jika dibandingkan dengan versi lama ada kenaikan sekitar 2-5 juta. Berikut harga resminya Ertiga generasi terbaru yang memiliki 4 tipe yaitu GA, GL, GX, dan GX ESP.
  • All New Ertiga GA Rp 193 Juta
  • All New Ertiga GL MT Rp 211.5 Juta
  • All New Ertiga GL AT Rp 222 Juta
  • All New Ertiga GX MT Rp 223 Juta
  • All New Ertiga GX AT Rp 233.5 Juta
  • All New Ertiga GX ESP MT Rp 228 Juta
  • All New ErtigaGX ESP AT Rp 238.5 Juta
Dengan harga tersebut besaran pajak untuk All New Ertiga juga mengalami kenaikan sekitar 1 jutaan dari model yang lama. Untuk model lama biaya pajaknya saat ini ada di kisaran Rp. 3 - 3,7 jutaan terutaa di wilayah Jabodetabek. Hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan kapasitas mesin dari 1.4 l ke 1.5 liter.

Suzuki All New Ertiga tersedia dalam beberapa warna Metallic Sillky Silver, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red serta warna baru yaitu Mettalic Magma Gray (abu-abu) dan Pearl Glorious Brown (cokelat metalic). Ertiga terbaru ini diproduksi di Indonesia tepatnya dipabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Guna mendongkrak performa serta penampilannya. All New Ertiga juga di suguhkan beberapa aksesoris resmi yang tentunya berkualitas. Apa saja itu? Berikut daftar aksesori All New Ertiga 2018:

  1. Rear upper spoiler       Rp 760,000
  2. Door visor                   Rp 292,000
  3. Rear bumper scuff      Rp 140,000
  4. Floor mat                    Rp 327,000
  5. Touchscreen HD         Rp 4,100,000
  6. Garnish I/P                  Rp 185,000
  7. Door sill guard            Rp 348,500
  8. Luggage tray               Rp 310,000
  9. Cargo net                    Rp 190,000
  10. Seatbelt pad                Rp 63,500
  11. AC Filter                     Rp 250,000
  12. Rear view camera       Rp 761,000
  13. Emblem Suzuki sport Rp 59,900
Semua aksesoris ini bisa Anda dapatkan di bengkel resmi Suzuki.

Ertiga 2018 versi India lebih lengkap

Belum juga sampai All New Ertiga 2018 ke tangan konsumen di Indonesia, di India, Suzuki hadirkan All New Ertiga dengan versi yang lebih bagus lagi yaitu transmisi 6 percepatan dan arm rest baris kedua yang di hilangkan pada ertiga di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar